Matematika itu menyeremkan. Ketakutan pada matematika sebenarnya seringkali terjadi pada orang-orang, terutama siswa sekolah. Termasuk anda bukan ? :D

Nah bagaimana cara mengatasinya agar tidak takut matematika lagi ?
berikut ada beberapa tips agar tidak takut matematika lagi



Cara Mengatasi ketakutan pada matematika

1. Kembangkanlah sikap positif. Yakinlah bahwa semua orang bisa matematika asalkan belajar dengan cara yang benar yaitu melalui pemahaman dan pengertian.

2. Seringlah bertanya. Timbulkan niat untuk mengerti matematika. Jangan malu bertanya bila tidak mengerti saat sedang diterangkan, mintalah ilustrasi atau simulasi yang jelas saat diajarkan.

3. Berlatihlah secara rutin, apalagi jika sering mengalami kesulitan. Carilah contoh soal soal matematika di buku dan internet untuk berlatih. Jika ada soal yang sulit carilah pembahasan soal matematika untuk topik tersebut.

4. Jangan hanya membaca contoh soal, tapi kerjakanlah contoh soal soal matematika tersebut. Ujilah diri sendiri sampai yakin bahwa kita mengerti apa yang kita kerjakan.

5. Jangan putus asa jika melakukan kesalahan. Justru dengan banyaknya melakukan kesalahan saat berlatih, kita akan lebih cepat mengerti dan saat ujian nanti kesalahan yang sama akan bisa dihindari.


Leave a Reply